Kamis, 27 September 2012

7 Manfaat dan Efek Kafein Yang Mungkin Anda Tidak Tahu

Kafein terkandung dalam dua minuman yang paling banyak dikonsumsi orang di pagi hari yaitu kopi dan teh. Senyawa ini dikenal karena kemampuannya untuk membuat mata melek dan segar untuk mencegah sakit punggung dan penyakit jantung.Tapi ternyata bahwa kafein masih meninggalkan misteri yang luar biasa di dalamnya. Maka tak heran, mempertimbangkan paparan kafein pada 7 fakta yang Anda tidak pernah tahu, seperti dikutip Today.com Jumat (21/09/2012) berikut ini. 

Kafein membantu kinerja selama latihan
Kafein dapat membantu meningkatkan kekuatan dan daya tahan selama olahraga atletik sehingga orang yang mengonsumsi kafein dapat berolahraga lebih lama dan lebih keras.Karena kafein memiliki efek metabolik langsung ke otot untuk meningkatkan ketahanan otot. Dalam bahasa biologi, kafein membantu otot membakar lemak untuk digunakan sebagai sumber energi tambahan selain glikogen (karbohidrat).Untuk menentukan 'dosis' kafein yang efektif, cobalah untuk mengubah berat badan Anda ke ukuran pon, bagi dua dan kalikan dengan tiga. Jadi jika Anda memiliki berat badan 200 pon maka dosis kafein yang tepat bagi Anda adalah 100 x 3 = 300 miligram. 

Kafein meningkatkan fokus dan kewaspadaan 
Kafein dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi. Bahkan kafein dikatakan sebagai 'stimulan alami' bagi otak.Meskipun asupan kafein dalam jumlah medium dapat meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan, tetapi kafein akan membuat piiran Anda lebih tajam dan tidak mempengaruhi proses belajar seseorang.

Kafein yang dikonsumsi sedikit, kinerja menjadi lebih baikCara terbaik untuk mendapatkan efek yang optimal dari kafein adalah untuk membatasi konsumsinya hanya sekitar 300 miligram per hari.Konsumsilah hanya sekali sehari, terutama pada saat-saat ketika Anda membutuhkan kewaspadaan tinggi dan untuk mendapatkan efek maksimal senyawa. Bagi kebanyakan orang, waktu yang dimaksud adalah di pagi hari.Terlalu banyak kafein juga diduga menyebabkan efek kesehatan negatif dengan gejala seperti kecemasan sederhana, insomnia, masalah dengan sistem pencernaan, otot berkedut dan jantung berdebar-debar.


Kafein tidak membuat kecanduan 
Tidak ada bukti jika kafein menyebabkan ketergantungan fisik, apapun sumbernya (baik itu kopi, teh atau cola). Mungkin Anda bisa kecanduan beberapa makanan tertentu yang mengandung kafein tapi tidak mungkin dengan kafein itu sendiri.Bahkan jika efek negatif muncul setelah minum kopi maka ada sakit kepala sementara yang biasanya berlangsung selama beberapa hari.Untuk menghindari sakit kepala yang disebabkan oleh kafein, cobalah untuk membatasi konsumsi mereka secara bertahap juga bisa minum kopi tanpa kafein atau mengkonsumsi satu cangkir kopi berkafein dan satu cangkir kopi tanpa kafein esoknya secara bergantian.Bahkan kafein biasanya dianjurkan sebagai pengobatan untuk penderita sakit kepala. Dikatakan bahwa kafein memberikan efek pada 'relaksasi' dari pembuluh darah di otak.

Kafein dalam kopi tiga kali lebih banyak daripada teh atau cola 

Banyak yang mengatakan isi sedikitnya kafein dalam beberapa minuman tergantung pada durasi kopi memanggang. Lebih lama memanggang membuat biji kopi lebih hitam dan lebih rendah kafein, meskipun rasanya lebih kuat.Berbagai jenis teh juga mengandung kafein dengan jumlah yang berbeda-beda pula. Justru ketika diseduh, teh akan kehilangan banyak kandungan kafeinnya. Kola biasanya lebih standar, kecuali untuk beberapa merek tertentu.Biasanya dalam setiap cangkir kopi (medium) mengandung maksimum 150 miligram kafein, sedangkan teh 50 miligram dan cola 12 ons mengandung 50-60 miligram kafein. Hati-hati dengan porsinya karena biasanya orang suka minum tiga sekaligus. Keterbatasan konsumsi sehari-hari dari berbagai sumber kafein adalah 300 miligram per hari.

Sensitif terhadap kafein adalah 'penyakit' turunan 
Sebelum dapat dikonsumsi, kafein harus dipecahkan dalam tubuh, tetapi itu tergantung pada berapa lama kafein dapat bertahan dalam tubuh untuk dicerna dan dikeluarkan (melalui urin). Masalahnya, jenis metabolisme juga dipengaruhi oleh faktor genetik dalam keluarga.Artinya, jika orang tua Anda terkena efek yang kuat dari kafein walau hanya sejumlah kecil contohnya setengah cangkir, maka mungkin Anda juga memiliki respons yang sama.

Kebanyakan kafein sebenarnya dapat mematikan 
Meskipun kasus-kasus seperti itu sangat jarang, terlalu banyak kafein dapat berdampak pada kesehatan jantung dan menyebabkan kematian.Karena kafein dapat mengganggu sistem saraf, denyut jantung dan tekanan darah, terutama jika Anda rentan terhadap efek yang juga akan membuatnya menjadi semakin parah. Namun, kondisi ini biasanya disebabkan oleh penggunaan pil kafein dan minuman energi berkafein tinggi.

As translated from this source

1 komentar:

  1. Artikel yang bagus untuk jadi referensi...
    Banyak Bahaya kafein yang harus diperhatikan untuk kesehatan, kafein yang terkadung dalam kopi berarrti meningkatkan Bahaya kopi secara tidak langsung? bagaimana dengan orang yang merokok, tentu ini menjadi lebih berbahaya?
    Bahaya Merokok karena kandungan rokok yang dari bahan bahan berbehaya ini semakin meningkat, karena pada umumnya seorang perokok merupakan orang yang senang mengkonsumsi kafein?.
    Terima Kasih

    BalasHapus