Senin, 01 Oktober 2012

[Bunga Bulan Ini] Calendula

Calendula, atau Pot Marigold merupakan salah satu bunga yang paling serbaguna, akan dengan bangga disandang para kelahiran Oktober. Bukan mereka saja, saya pun pasti akan senang dengan pemberian bunga oranye segar ini.

Dinamakan Calendula karena mekar pada awal setiap bulan, dari kata "calends" Latin dan "calender" Inggris. Calendula berarti "sepanjang bulan".
Calendula mendapatkan nama bunga Pot Marigold karena sering digunakan dalam pot saat memasak sup dan minuman. Hal ini digunakan untuk menambah warna dan rasa untuk banyak piring, dan juga digunakan dalam pembuatan keju.

Marigold adalah sebuah bunga tahunan yang mekar dengan baik bahkan selama musim yang panjang. Mereka mekar hampir non-stop seluruh musim panas dan hanya memiliki sedikit masalah. Marigold juga dikenal sebagai calendula, marigold taman, holligold, Goldboom, Golds, ruddes, Mary bud, Bull's Eyes, dan pot marigold. Kadang-kadang disebut "summer bride" atau "husbandmans dial" karena kepala bunga yang mengikuti matahari. Nama Latin atau botaninya adalah Calendula officinalis.

Calendula adalah genus tanaman milik keluarga Asteraceae, dan ada sekitar 20 spesies tanaman berada di bawah genus Calendula.
Sebagai anggota dari famili Daisy, Asteraceae, Calendula berhubungan erat dengan tanaman kebun lainnya seperti Tagetes, Dahlia, dan Krisan. Beberapa spesies Calendula bersifat semusim (mati dalam satu tahun) dan beberapa spesies lainnya adalah tanaman keras (hidup lebih dari 2 tahun). Genus ini berasal dari wilayah Macaronesia (pulau di Atlantik Utara sekitar Eropa ke wilayah Afrika Utara) ke Iran, dengan wilayah diantaranya.

Beberapa anggota paling terkenal dari genus Calendula meliputi:
Calendula officinalis – Pot Marigold, English Marigold (termasuk varietas: Golden Princess; Orange Princess; Calypso Orange; Radio; Triangle Flashback and Deja Vu.
Calendula maderensis – Madeiran Marigold
Calendula maritima – Sea Marigold
Calendula arvensis – Field Marigold

Karakteristik dan Penampilan Fisik 
Calendula memiliki daun hijau pucat dan menghasilkan bunga berwarna kuning, lemon dan oranye dengan batang yang panjang. Mereka tumbuh dengan ketinggian 12 - 24 inci. Marigold ini dianggap sebagai salah satu bunga terbaik oleh para pecinta berkebun karena mereka tidak rewel tentang di mana mereka tumbuh dan sangat kuat. Marigold (calendula) tumbuh dengan baik di semua musim kecuali dalam iklim yang sangat dingin.

Musim berbunga terbaik untuk tanaman ini adalah musim panas sampai gugur. Tanaman ini memiliki toleransi kekeringan yang rendah. Mereka akan mulai bunga di bulan Juni, dan kemudian melanjutkan berbunga sampai embun beku membunuh mereka. Jangan bingung antara marigold atau calendula dengan marigold Afrika atau Perancis, yang termasuk Tagetes. Kelemahan Calendula terbesar adalah bahwa serangga suka mereka dan mereka juga tunduk pada penyakit tanaman. Masalah serangga yang paling umum adalah kutu daun.

Fakta Menarik Calendula
Calendula mengandung jumlah tinggi flavonoid, itu adalah antioksidan nabati yang melindungi tubuh terhadap sel-radikal bebas yang merusak.Marigold adalah pembersih yang baik dan bisa menjadi obat untuk sengatan lebah, sakit kepala, sakit gigi, sakit perut, penurun demam, kram menstruasi, keseleo, sakit kuning, sakit mata, luka dan iritasi kulit seperti jerawat, eksim, ruam popok dan cradle cap pada bayi, dan kulit yang terbakar sinar matahari, saat calendula dibuat menjadi sebuah salep.
 
Bunganya juga digunakan oleh banyak tukang kebun sebagai pengusir serangga dan oleh koki sebagai bumbu pedas atau pewarna makanan. Bunga calendula dan daun yang dimakan dan membuat tambahan menarik untuk salad dan sup. Rasanya biasanya sedikit pahit dan dapat menambah rasa tajam atau pekat ke sayuran biasa Anda. Sebuah studi laboratorium baru-baru ini menunjukkan bahwa calendula memiliki beberapa sifat menetralkan terhadap virus HIV, meskipun studi terhadap hewan dan manusia belum dilakukan.
 
Kepuasan, keunggulan, rasa syukur dan cinta terhadap alam yang ditandai dengan calendula yang merupakan bunga kelahiran Oktober. Karena dianggap bunga paling suci, di India itu ditempatkan di sekitar leher patung suci. Dalam kitab Injil calendula mengacu pada Bunda Maria.


Calendula, dari berbagai sumber.

1 komentar: